Awas! Rambut Beruban Diusia Muda Mungkin Mengalami Gangguan Kesehatan Berikut


AWAS! RAMBUT BERUBAN DIUSIA MUDA MUNGKIN MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN BERIKUT
Perubahan warna rambut pada seseorang biasanya dibarengi dengan seiring bertambahnya umur. Rambut yang semulanya hitam lambat laun mulai berubah menjadi memutih. Namun juga tidak sedikit orang yang sudah tua namun rambutnya masih bertahan hitam. Hal itu membuktikan bahwa tumbuh uban bukan hanya di karenakan usia yang sudah menua.

Rambut yang biasanya hitam dan kemudian tiba-tiba memutih sering kali membuat seseorang menjadi kurang pede. Selain itu rambut yang memutih membuat seseorang akan menjadi terlihat lebih tua.

Seringkali orang menyiasati rambutnya yang memutih dengan mewarnainya. Namun cara tersebut juga kurang efektif dan kurang baik sebab pada akhirnya pangkal rambut akan tumbuh memutih kembali. Selain itu pewarna rambut juga bisa merusak pigmen rambut yang lainnya.

Ternyata banyak juga orang yang berusia muda sudah mengalami pertumbuhan uban pada kepalanya. Seiring dengan sebuah penelitian dan fakta terdapat banyak anggapan mengenai penyebab tumbuhnya rambut uban.

Tumbuhnya uban bisa dipengaruhi dengan factor genetic, factor gen seseorang dapat terbawa kepada keturunan berikutnya. Dimana kondisi pada seseorang akan terlulang pada generasi berikutnya. Alasan yang kedua yaitu factor penggunaan shampo dan minyak rambut yang setiap hari dipakai setiap hari. Penggunaan jenis produk yang kurang sesuai dengan jenis kulit dan karakteristik rambut memang bisa membuat rambut menjadi uban.

Selain beberapa factor diatas ternyata masih banyak sekali faktor yang menyebabkan rambut menjadi putih. Apalagi jika rambut yang menjadi uban terjadi pada masa muda. Jangan dianggap enteng sebab hal tersebut bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan. Sebab matinya saraf rambut yang membuatnya memutih sangat dipengaruhi tingkat kesehatan organ tubuh yang lain

Dari beberapa penjelasan diatas berikut beberapa gangguan kesehatan yang bisa menjadikan rambut beruban.

Kekurangan vitamin
Kekurangan jenis vitamin tertentu juga bisa mengakibatkan memutihnya rambut. Terutama kekurangan vitamin B12 dan D3 yang menjadi salah satu sumber pemberi warna bagi sel tubuh.

Saat tubuh kekurangan vitamin, terutama vitamin B12 dan D3, maka tubuh akan kehilangan melanin atau zat yang memberi warna pada kulit dan rambut. Akibatnya rambut pun berwarna putih seperti uban.

Sakit jantung
Jika kamu seorang pemuda namun rambut kamu muncul banyak uban yang tumbuh. Sebaiknya kamu perlu berkonsultasi dan periksa kepada dokter. Bisa jadi kamu bermasalah dengan jantung anda.

Beberapa ilmuan berpendapat jika seseorang tumbuh uban secara cepat pada usia muda bisa jadi orang tersebut menderita gangguan jantung sistemik. Penyakit jantung ini tak menunjukkan tanda mencurigakan di awalnya. Hanya tanda sederhana seperti munculnya uban tersebut. Oleh karena itu kamu patut mewaspadainya.

Munculnya penyakit autoimun
Penyakit autoimun ada lah jenis penyakit dimana terdaat penurunan imunitas pada seseorang yang dapat menyerang sel-sel dalam tubuh seseorang. Dalam kasus ini penyakit autoimun dapat menyerang sel-sel yang berada dalam rambut yang mengakibatkan hilangnya pigmen asli rambut.

Salah satu jenis penyakit autoimun yang disebut dengan nama alopecia areata menyebabkan munculnya uban di rambut. Kemudian akan muncul bulatan di kulit kepala dan secara bertahap membuat rambut rontok. Penyakit ini sendiri cukup berbahaya. Oleh karena itu kamu sebaiknya tidak mengabaikan kemunculan uban ini.

Kebiasaan merokok
Bagi seorang perokok, mereka juga beresiko beruban, Sebabnya racun beserta asap rokok akan membuat rambut kehilangan nutrisinya. Oleh karena itu jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut demi kesehatanmu.

Stres
Kondisi tubuh yang kurang stabil yang diakibatkan pola piker yang mendalam sehingga membuat stress pada diri seseorang juga mampu berakibat tumbuh uban.

Hal tersebut terjadi karena akar rambut yang melemah, stres juga mempercepat tumbuhnya uban. Semakin seseorang stress maka semakin melemah pula bagian akar rambut yang terhubung dengan syaraf-syaraf kecil dengan kulit. Syaraf akan terganggu dan semakin melemahkan akar rambut sehingga membuatnya memutih dengan cepat.

Perubahan hormon
Perubahan hormon yang terjadi di tubuh bisa membuat rambut berubah tekstur, kerapatan, hingga warnanya. Akibatnya muncullah uban.

Nah itulah berbagai jenis gangguan kesehatan yang bisa mengakibatkan rambut anda mengalami perubahan warna. Uban yang muncul di kepala anda tentusaja akan membuat sedikit aneh. Apalagi jika usia anda masih muda. Sebaiknya anda selalu mencukupi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Tentunya juga menghindari beberapa jenis kebiasaan buruk seperti merokok dan tingkat stress diri. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi anda. Terimakasih.