Bahaya! Sikat Gigi Setelah Mengonsumsi Makanan Berikut Dapat Merusak Gigi


BAHAYA! SIKAT GIGI SETELAH MENGONSUMSI MAKANAN BERIKUT DAPAT MERUSAK GIGI
Bahaya! sikat gigi setelah mengonsumsi makanan berikut dapat merusak gigi - Gigi merupakan organ yang keras pada tubuh. Gigi merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Selain berfungsi sebagai alat untuk menghancurkan makanan yang kita makan, gigi juga memiliki nilai estetika sendiri. Sebab kesempuraan bentuk gigi menjadikan seseorang lebih percayadiri.

Seseorang yang memiliki gigi rapi memiliki kepercayaan diri yang lebih dibandingkan dengan yang tidak. Bahkan dalam sebuah pekerjaan tertentu juga mempertimbangkan bentuk dan kerapian gigi pada calon karyawannya. Oleh sebab itu orang akan berlomba-lomba memperbaiki giginya sebelum melamar pekerjaan.

Sering kali orang melakukan pemasangan behel untuk memperbaiki bentuk giginya. Namun adapula orang yang memakai behel hanya untuk fasion saja. Dua latar belakang tersebut juga memiliki fungsi sendiri antara memper indah dan hanya sebagai sebuah gaya hidup.

Namun apa jadinya jika seseorang memiliki gigi yang kurang rapi? Tentunya akan menjadi sebuah masalah baru berkaitan dengan tingkat kepercayaan dirinya. Tidak semua rang yang memiliki gigi yang kurang rapi jelek. Sebab sebagin orang akan menjadi lebih cantik apabila memiliki jenis gigi yang disebut gigsul. Jenis gigi ini seringkali menjadikan seseorang akan lebih menarik ketika senyum.

Namun apa jadinya jika gigi seseorang mengalami keusakan? Tentunya orang tersebut akan kurang pede. Selain itu juga akan menggagu pencernaan makanan hal itu dikarenakan proses mengunyah makanan yang kurang sempurna. Makanan yang kurang halus akan susah dicerna oleh tubuh.

Lalu apasaja hal-hal yang bisa merusak gigi anda? Berikut penjelasannya

Tidak menjaga kesehatan gigi dapat menimbulkan beberapa masalah pada gigi mulai level ringan hingga tinggi. Berikut beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak gigi:

Menggigit benda keras
Kebiasaan menggigit benda keras sangat beresiko merusak gigi. Walaupun gigi merupakan bagian tubuh yang sangat keras. Ternyata gigi juga bisa terkikis. Gesekan gigi dengan benda keras seperti pemakaian tindik di bibir dan dilidah, membuka kemasan atau tutup botol, dapat merusak enamel gigi. Bahkan juka kurang kuat gigi anda bisa saja akan patah ketika digunakan untuk menggigit benda keras tersebut.

Tidak menggunakan pelindung mulutketika belolahraga tertentu
Bermain olahraga yang memiliki resiko untuk melakukan kontak fisik dengan lawan main seperti sepak bola, basket perlu menggunakan pelindung mulut. Tanpa menggunakan pelindung mulut, gigi dapat pecah atau bahkan patah ketika tidak sengaja kontak fisik dengan lawan main.

Memberikan susu pada bayi saat tidur
Dalam berbagai kasus dimasyarakat anak keci sering sekali mengalami kerusagak gigi. Hal tersebut bisa terjadi bila membiarkan bayi dengan botol susu pada mulutnya berarti membiarkan gigi bayi terendam dengan susu atau gula dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gigi bayi mudah rusak.

Menyikat gigi setelah minum jus atau makan buah
Membersihka gigi sangatlah penting untuk menjaga agar gigi tetap sehat. Namun terkadang orang tidak sadar jika kita menggosok gigi setelah kita makan makanan yang mengandung kadar asam bisa merusak gigi kita. Enamel atau email gigi merupakan bagian keras yang merupakan bagian terluar gigi. Saat enamel berkontaksi dengan benda yang asam maka terjadi pelunakan pada email tersebut.

Jika kita langsung melakukan penyikatan maka yang terjadi gigi akan mudah keropos. Hal tersebut dikarenakan email akan mudah terkikis ketika terkena zat asam dari buah.

Menggesekkan gigi atas dan bawah
Grinding teeth atau menggesekkan gigi bawah dan atas sering disebabkan oleh stress dan kebiasaan saat tidur. Gunakan pelindung mulut pada malam hari saat tidur untuk mencegah kebiasaan tersebut.

Permen
Makanan-makanan manis dapat menyebabkan kerusakan gigi tetapi beberapa permen memiliki resiko lebih tinggi untuk kerusakan gigi. Permen yang kenyal dapat menempel pada gigi dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Minuman bersoda
Permen bukan satu-satunya pemicu kerusakan gigi. Soda dapat mengandung gula hingga 11 sendok per porsi. Soda mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat mengurangi kadar enamel gigi.

Merokok
Rokok serta produk tembakau lainnya, dapat menodai gigi dan menyebabkan gigi tanggal akibat kerusakan/penyakit gusi. Tembakau juga bisa menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang hal-hal yang merusak gigi. Maka Jagalah gigi dengan membatasi kebiasaan yang dapat merusak gigi, menjaga kebersihan gigi, dan melakukan pemeriksaan pada dokter secara berkala. Semoga bermanfaat.