Mengejutkan! Umbi Beracun Berikut Mampu Menyembuhkan 5 Penyakit Mengerikan


MENGEJUTKAN! UMBI BERACUN BERIKUT MAMPU MENYEMBUHKAN 5 PENYAKIT MENGERIKAN INI
Keripik merupakan salah satu jenis makanan olahan yang sangat diminati oleh sebgaian besar orang. Jenis makanan ini kini kian popular dimasyarakat. Banyaknya jenis makanan yang bsa dijadikan keripik menjadikan makanan ini semakin banyak inovasinnya. Mulai dari jenis sayuran, daun-daunan, bauah-buahan juga umbi-umbian bisa dijadikan keripik.

Jenis bahan yang sangat mudah dan sering dijadikan keripik adalah umbi-umbian. Tektur yang padat dan bentuknya yang mudah untuk dipotong tipis menjadikan jenis bahan ini menjadi bahan utama keripik.

Namun di Indonesia terdapat jenis umbi yang sebenarnya beracun namun bisa dijadikan keripik yang sangat lezat. Keripik itupun juga memiliki penggemar tersendiri dimasyarakat. Teknik pengolahan yang tepat menjadikan keripik tersebut aman untuk di konsumsi.

Bahan keripik yang dimaksud adalah gadung. Jenis umbi ini adalah termaksuk dalam jenis umbi-umbian liar yang sering tumbuh subur didalam hutan. Tanaman ini juga mudah tumbuh dikala musim hujan. Dan sering di ambil untuk dijadikan keripik ketika pohonnya sudah mati. Yakni pada saat musim kemarau.

Cara mengolah umbi ini memang sedikit ribet, namun semua itu dilakukan supaya kandungan racun dalam umbi ini bisa ternetralisir sehingga aman untuk dikonsumsi. Proses pembuatan keripik gadung, setelah diiris tipis menggunakan alat khusus, irisan gadung ditaburi abu dari sisa pembakaran kayu jati secara merata. Ini bertujuan untuk menghilangkan sebagian racun yang terkandung dalam gadung.

Proses selanjutnya, irisan gadung dipres dengan alat khusus untuk menghilangkan kadar air beracun. Kemudian dijemur di bawah terik matahari hingga kering. Meski demikian racun belum juga hilang, sehingga harus dicuci sampai bersih.
Usai dicuci, gadung harus direndam selama dua hari dua malam, lalu ditiriskan dan dijemur lagi selama sehari di bawah terik matahari sampai kering.

Meski sudah dilakukan penjemuran yang ke dua kalinya, namun racun yang terkandung masih belum hilang, sehingga harus diinapkan lagi dan diproses hingga beberapa kali selama tujuh hari.

Bagi anda penikmat keripik jangan takut untuk mengonsumsi jenis keripik ini. Sebab jika pengolahan sudah benar racun pada kerpik ini sudah tidak ada. Selain itu ternyata terdapat manfaat yang luar biasa yang terkandung didalamnya.

Dari penjelasan di berbagai artikel yang membahas hal yang sama . Manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari makan gadung adalah sebagai berikut.

Dapat menyembuhkan Reumatik
Ternyata, meskipun beracun, tanaman gadung memiliki manfaat yan gbaik untuk menyebuhkan reumatik. Ya, reumatik merupakan salah satu jenis penyakit generative, yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Dengan mengkonsumsi gadung, maka gejala – gejala dari penyakit reumatik yang sering muncul dapat dicegah dan juga dapat sembuh sehingga anda tidak akan repot lagi berurusan dengan reumatik.

Dapat menyembuhkan kejang pada perut
Gadung juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehtan lambung kita. Disinyalir bahwa, gadung dapat membantu mencegah dan menyembuhkan gejala kejang – kejang otot pada bagian perut. Kejang – kejang pada otot bagian perut ini sangatlah mengganggu, karena akan menyebabkan bagian perut menjadi sangat sakit dan juga menyiksa, serta dapat mengganggu kelancaran dari proses pencernaan di dalam tubuh.

Menyembuhkan luka bernanah
Gadung juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka bernanah. Cara yang paling mudah adalah anda cukup menempelkan umbi gadung pada bagian luka yang bernanah. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan pada luka yang bernanah.

Menurunkan kadar kolestrol
Bagi anda yang memilki gejala penyakit kolestrol, yaitu kadar kolestrol jahat yang tinggi, tanamn umbi gadung dapat membantu anda. gadung memiliki sifat alami yang mampu mengontrol dan juga menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh anda, sehingga aman untuk dionsumsi oleh anda yang memiliki gangguan pada kadar olestrol di dalam tubuh.

Penyembuhan penyakit kusta
Salah satu jenis penyakit kulit yan gmungkin mengerikan adalah penyakit kusta. Namun demikian, tidak perlu takut, karena gejala penyakit kusta ini dapat disembuhkan, atau paling tidak diminimalisir gejalanya dengan menggunakan umbi gadung.

Selain manfaat diatas umbi gadung ternyata juga banyak mengandung kalori yang setara dengan jenis umbi yang lain seperti ketela, singkong, talas, dan kentang.

Sebenarnya banyak jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat meskipun mengandung banyak racun didalamnya. Namun sebagai himbauan asalkan bahan tersebut diolah dengan benar. Sehingga akan aman untuk dikonsumsi, ternyata seseuatu yang beracunpun juga memiliki manfaat yang luar biasa seperti penjelasan diatas. Semoga pemaparan diatas bermanfaat bagi anda.