7 Aktifitas Harian Ini Mengakibatkan Gangguan Pencernaan Jika Dilakukan Setelah Makan


7 AKTIFITAS HARIAN INI MENGAKIBATKAN GANGGUAN PENCERNAAN JIKA DILAKUKAN SETELAH MAKAN
Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Dimana setiap mahluk hidup membutuhkannya. Tanpa makan tentunya semua mahluk hidup tidak mampu bertahan hidup. Untuk memenuhi nutrisi yang di perluka tubuh tentunga setiap orang perlu memperhatikan jenis makanan yang ia makan. Jangan sampai apa yang kita makan akan berakibat buruk bagi kesehatan kita. Selain sebagai sumber energy bagi kita makanan juga berperan sebagai sumber kesehatan bagi kita. Sebab apa yang kita makan akan berpangaruh pada kualitas kesehtan kita. Semakin baik apa yang kita makan maka semakin baik pula efek yang ditimbulkan pada tubuh kita.

Jenis makanan serta pola makan yang Anda lakukan menyumbang peranan besar dalam kesehatan tubuh. Terutama kesehatan pencernaan. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna mampu merusak kesehatan pencernaan Anda dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Pola makan yang sudah baik tentunya harus disertai dengan kebiasaan yang baik pula. Ada beberapa hal yang perlu dihindari selepas kita makan.

Berenang
Jangan langsung berenang setelah makan. Sebaiknya Anda urungkan dahulu niat Anda. Anda harus menunggu setidaknya 30 menit setelah makan untuk berenang. Alasannya bahwa terjadi penarikan lebih banyak darah ke saluran cerna untuk membantu mencerna makanan. Sehingga tindakan berenang justru dapat menyebabkan kram ringan pada perut. Selain itu kegiatan renang setelah makan akan mengganggu proses pembakaran makanan pada system pencernaan anda.

Mandi
Jangan mandi setelah makan kenyang. Mandi adalah salah satu kegiatan yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah makan. Konsepnya adalah aliran darah banyak terkumpul di saluran pencernaan setelah Anda makan. Sedangkan ketika Anda mandi, tubuh menjadi dingin dan hal ini tidak membantu makanan tercerna dengan baik yang berakhir dengan munculnya masalah kesehatan. Proses pencernaan makanan pun akan terganggu dan asupan nutrisi pada makanan akan terhambat.

Tidur
Punya kebiasaan untuk langsung tidur setelah makan? Sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Sebab ketika Anda langsung berbaring setelah makan, bisa meningkatkan tekanan pada diagrafma dan menyebabkan radang usus.

Merokok
Bagi para perokok, mulai sekarang jangan merokok sesaat setelah makan. Para pakar kesehatan sudah memperingatkan perokok agar tidak merokok sehabis makan. Karena setiap batang rokok yang kamu hisap baru setelah selesai makan, 10 kali lebih berbahaya ketika masuk ke peredaran darah. Hal itu karena sistem pencernaan sedang aktif bekerja, sedangkan nikotin akan mengikatnya dalam oksigen darah. Itulah mengapa merokok termasuk kebisaan buruk setelah makan. Berilah selang 2-3 jam setelah makan jika mau merokok atau setelah makan tercerna dengan baik.

Konsumsi buah
Buah adalah kebiasaan yang harus dihindari setelah makan karena menyebabkan tubuh kelebihan gas. Kemudian gas tersebut bisa menjadi racun atau membusuk pada sistem pencernaan. Makan buah sehabis makan juga bisa membentuk selulit. Cara mengkonsumsi buah yang paling efektif yaitu ketika perut masih kosong.

Minum teh
Ada pendapat yang mengatakan kalau teh mampu melancarkan pencernaan, tapi anggapan itu salah. Yang sebenarnya adalah teh malah memperlambat proses pencernaan dalam tubuh. Itu alasannya minum teh termasuk dalam kelompok kebisaan buruk setelah makan. Terlebih lagi penderita anemia, disarankan agar tidak minum teh setelah makan setidaknya 1 jam.

Aktifitas fisik
Jalan kaki setelah makan mampu menyebabkan refluks asam dalam sistem pencernaan. Selain itu jalan kaki mampu mencegah penyerapan nutrisi dari makanan. Bahkan jika kamu berjalan agak jauh setelah makan akan mengakibatkan kram pada perut juga.

Nah sobat beberapa aktivitas yang Anda lakukan setelah makan mampu menghambat penyerapan makanan dan mengganggu kerja sistem pencernaan seperti contoh di atas. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari hal tersebut demi kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai anda melakukan salah satu kebiasaan diatas jika tidak ingin merasakan gangguan-gangguan pencernaan pada diri anda. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.