Konsumsi Cumi Efektif Cukupi Nutrisi Tubuh. Berikut Penjelasannya


KONSUMSI CUMI EFEKTIF CUKUPI NUTRISI TUBUH. BERIKUT PENJELASANNYA
Cumi adalah jenis seafood yang suah sangat familiyar didunia kuliner. Dagingnya yang empuk, kenyal dan gurih, membuat cumi cocok diolah menjadi masakan apa saja. Sekarang banyak sekali makanan olahan yang terbuat dari bahan cumi. Bagi kamu yang suka terhadap makanan jenis ini jangan takut, pasalnya makanan seafood ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Kamu harus tahu manfaat sehat dari makan cumi seperti yang dilansir dari thehealthsite.com berikut ini. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

Kaya nutrisi

Cumi merupakan hewan yang masih dalam golongan kerang-kerangan. Cumi adalah moluska yang penuh gizi didalamnya sangat tinggi protein dan mineral namun cumi sangat rendah kandungan kalori.

Rendah kalori

Setiap 100 gram cumi hanya memiliki kalori sekitar 75-85 kkal. Namun cumi akan jadi lebih tinggi kalori jika kamu memasaknya dengan cara digoreng. Jadi, bijaklah dalam memiliki cara memasak nya. Cumi yang dimasak dengan cara digoren akan naik kadar kalorinya, hal itu disebabkan dari minyak goreng yang digunakan.

Sumber protein yang bagus
Kandungan protein dalam cumi sangatlah tinggi. Per 100 gram cumi mengandung sekitar 15,5 - 16,1 gram protein. Hal tersebut menjadikan jenis seafood ini aman dikonsumsi. Protein sangat berguna bagi pembentukan sel-sel dalam tubuh.

Tidak mengandung karbohidrat

Cumi sangat cocok dikonsumsi sebagai menu diet sebab tidak mengandung karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga.

Mengandung vitamin B6 dan B12
Vitamin B6 untuk melindungi kesehatan jantung dari ancaman stroke oleh karenanya tubuh sangat memerlukan vitamin tersebut. Sementara kandungan B12 di dalamnya juga baik untuk mendukung kesehatan saraf dan kesehatan darah. Hal ini memberikanmu alasan bagus untuk mengonsumsi cumi-cumi.kondisi darah yang sehat dan bebas kolesterol akan menjauhkan kita dari serangan stroke.

Kaya selenium dan vitamin E
Cumi-cumi mengandung selenium dan vitamin E. Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, memerangi kanker, serta mendukung pertumbuhan tubuh. Bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhn baik mengonsusmsi cumi, sebab kandungan silenium dan vitamin E sangat baik untuk pertumbuhan yang maksimal.

Tidak mengandung kolesterol
Cumi tidak mengandung kolesterol . Selama ini muncul kekhawatiran bahwa cumi membuat tingkat kolesterol tubuh naik. Padahal hal ini sama sekali tidak benar. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kerang tidak akan menaikkan kolesterol, malahan bisa menurunkan kadar kolesterol darah. Jadi sangat aman bagi pecinta seafood untuk mengonsumsinya.

Untuk mendapatkan manfaat atau nutrisi dari cumi secara lebih maksimal, pastikan kamu mengonsumsi cumi dalam keadaan segar. Cumi yang masih segar akan lebih terjaga kandungan nutrisi didalamnya. Dengan memilih bahan segar kamu dapat mengolahnya sesuai dengan keinginanmu tentunya.