Daftar Tanaman Berikut Ini Terbukti Ampuh Untuk Menyembuhkan Sariawan


TERNYATA TANAMAN DAN MAKANAN BERIKUT INI TERBUKTI AMPUH UNTUK MENYEMBUHKAN PENYAKIT SARIAWAN
Sariawan dalam bahasa kedokterannya biasa disebut dengan stomatitis adalah salah satu gangguan yang berupa pembengkakan atau peradangan yang tejadi pada daerah sekitar mulut maupun lidah bahkan jika sampai pada tenggorokan dan mengakibatkan peradangan. Hampir setiap orang pernah mengalami dan pernah merasakan perih dan nyerinya sariawan? Sehingga tak jarang jika penyakit ini membuat nafsu makan kita menurun. Bagaimana tidak? Saat mengunyah makanan kita harus berhati-hati agar makanan yang kita kunyah tidak menyenggol maupun menyentuh sariawan, karena kalau tidak sobat di rumah akan merasakan perihnya sariawan. Bahkan bagi orang yang kurang tahan terdapat rasa sakit dapat mengakibatkan rasa yang lebih hebat lagi.

Banyak orang yang memiliki masalah dengan penyakit ini bingung dengan bangaimana cara mengatasi penyakit ini. Mengingat penyakit ini sangat mengganggu dalam beraktivitas, contohnya saat kamu berbicara seringkali merasa sangat sakit pada bagian yang terkena sariawan. Karena hal tersebut seseorang seringkali menggunakan pruduk – produk obat kimia untuk mempercepat penyembuhannya. Namun adajuga banyak orang yang menggunakan bhan bahan alami sebagai obat. Mungkin bagi orang suka dengan obat herbal berpendapat bahwa obat herbal sangat aman bagi kesehatan bandan dan tidak menimbulkan efek samping. Berbeda dengan obat yang bersifat kimia yang banyak menimbulkan efek samping. Jadi kalau temen –temen belum beralih ke herbal berarti temen-temen belum bisa dibilang “kekinian” hehe.

Langsung saja berikut adalah langkah-langkah yang bisa dipilih dalam menyembuhkan sariawan dengan cara tradisional.

1. Daun sirih hijau
Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang. Baca juga manfaat dan sirih untuk kesehatan.

2. Air kelapa
Gunakan air kelapa untuk berkumur kalau haus boleh juga di telan. Cara ini terbilang obat tradional sariawan yang paling enak sekaligus mudah dan pastinya ampuh.

3. Berkumur dengan air garam 
Air garam bermaksud membersihkan bagian mulut yang terkena sariawan. Caranya sangat mudah sobat di rumah cukup menyiapkan air hangat kemudian masukkan garam secukupnya. Tidak perlu ditambahkan bumbu dapur ya, nanti malah jadi sop. Bekumurlah dengan air garam 3 kali sehari, insya alloh mempercepat proses penyembuhan sariawan.

4. Kopi bubuk
Caranya sangat mudah sobat di rumah cukup ambil sedikit bubuk kopi kemudian ditempelkan pada luka sariawan, tunggu berapa menit kemudian berkumur dengan air bersih. Dan ulangi sampai beberapa kali dalam satu hari.

5. Basuh mulut dengan obat tradisional
Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

6. Berikan luka dengan bawang serta pepaya
Menggunakan segera obat ke luka sariawan bisa juga mempercepat sistem pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh segera pada luka sariawan.

7. Tomat
Cara mengatasi Sariawan yang selanjutnya yaitu memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah sebagai obat untuk menanggulangi sariawan. Atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

8. Daun Kemangi serta Kunyit
Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati. Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka.

9. Cobalah baking soda
Obat sariawan alami yang berikutnya dengan menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air yang jadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda dapat menolong melenyapkan bakteri didalam mulut serta kurangi rasa sakit.

10. Temulawak
Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, iris tipis, satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

11. Kaki kuda, pegagan, antanan
Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk obat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian direbus selama 15 menit dan airnya diminum. Selain ampuh mengatasi sariawan ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.

12. Temu kunci
Rimpang temu kunci secukupnya, cuci bersih kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dsb. Kalau dilihat-lihat lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

13. Delima putih
Buah delima secara garis besar dibedakan menjai dua berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur.

14. Kembang sepatu
Daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring lalu airnya diminum. Dan buat kumur – kumur, Baca juga manfaat kembang sepatu yang lainnya.

15. Minum yogurt
Yogurt menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Hal tersebut dapat mempercepat pengobatan serta menolong menghindar sariawan. Buat rasakan akhirnya, yakinkan yogurt memiliki kandungan acidophilus hidup.

16. Daun jambu biji
Salah satu manfaat jambu biji adalah mengobati sariawan. Caranya mudah, sediakan segenggam daun jambu biji serta sepotong kulit batangnya, cuci bersih. Rebus dengan satu liter air bersih hingga tersisa kurang lebih satu gelas. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus.

17. Mentimun
Mungkin tak banyak yang tahu bagaimana cara mengobati sariawan dengan mentimun . Kebanyakan orang mengetahui kegunaan mentimun sebagai masker wajah atau penurun tekanan darah tinggi. Ambil mentimun yang sudah tua tapi masih segar. Cuci bersih, iris-iris lalu dimakan. Habiskan 2 buah mentimun setiap harinya.

18. Tanaman adas
Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional yang super ampuh. Cara membuat ramuannya adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan. Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, tapi jangan langsugn ditelah ke kerongkongan. air harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan. Ramuan herbal ini juga dapat mengetasi baumulut.

19. Asam jawa
Obat sariawan yang terakhir adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula enau. Airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin biar cepat sembuh.

Itulah beberapa obat alami dalam mengatasi sariawan. Bagi kamu yang memiliki masalah tentang sariawan bisa dicoba.