6 Jenis Penyakit Berbahaya Yang Bisa Disembuhkan Dengan Cengkeh




6 jenis penyakit berbahaya yang bisa disembuhkan dengan cengkeh - Cengkeh adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memeiliki kandungan obat didalamnya. Banyak manfaat yang terkandung didalam cengkeh. Di indonesia cengkeh seringkali dijadikan sebagai bumbu masakan. Cengkeh bisa kamu temui di dalam kuah sup, soto, hingga gulai. Cengkeh pun bisa dijadikan sebagai salah satu bahan jamu.

Dilansir dari boldsky.com, cengkeh dapat membantumu untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berikut.

Menyembuhkan sakit tenggorokan

Dengan sifat antiviral dan antibakteri di dalamnya, maka makan cengkeh akan membantumu untuk melawan flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Menyingkirkan bau mulut

Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang membantu untuk mengurangi pertumbuhan mikroba dalam mulut. Mengunyahnya bisa menjauhkanmu dari ancaman bau mulut yang diakibatkan pertumbuhan bakteri yanga ada di dalam mulut. Kandungan cengkeh akan menekan pertumbuhan baktei penyebab bau mulut.

Baca juga : Hindari 10 jenis makan berikut kurangi resiko bau mulut tak sedap

Mengontrol gula darah
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi cengkeh bisa membuat penurunan glukosa dalam tubuh. Sehingga bagi seseorang yang memiliki riwayat gula darah yang tinggi sangat cocok mengonsumsi cengkeh.

Baca juga : Kebiasaan mengonsumsi buah-buahan ini dapat memperburuk penyakit diabetes

Mengobati sakit gigi
Cengkeh memiliki zat eugenol dan seng oksidan yang ampuh untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sifat anodyne di dalam cengkeh juga mampu untuk mengobati sakit gigi.

Mengobati mual dan muntah
Minum campuran cengkeh dan madu sangat disarankan untuk mengobati mual. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa sifat anti anestesi dalam cengkeh akan mencegah naiknya asam lambung sehingga akan menghindarkanmu dari muntah dan mual.

Baca juga :  konsumsi makanan dan buah berikut sangat dianjurkan bagi wanita hamil

Mengurangi gejala morning sickness pada wanita hamil
Banyak wanita hamil yang mengalami morning sickness di trimester pertama kehamilan. Mengunyah cengkeh dipercaya akan membantu untuk mengurangi mual tersebut.

Mendukung kesehatan pencernaan
Konsumsi cengkeh akan mendorong sekresi enzim pencernaan. Dengan demikian makan cengkeh bisa membantumu untuk menurunkan gas dalam perut, meningkatkan pergerakan usus, dan mengurangi sembelit.

Sangat banyak manfaat yang dapat kita ambil dari cengkeh. Selain manfaat tersebut, kandungan eugenol dalam cengkeh yang mendominasi membuatnya memancarkan rasa hangat saat kamu mengonsumsinya.