Punya Riwayat Batu Ginjal? Hindari 6 Jenis Makanan Ini


PUNYA RIWAYAT BATU GINJAL? HINDARI 6 JENIS MAKANAN INI
Organ tubuh yang berfungsi atau bertugas untuk menyaring racun yang masuk dalam tubuh manusia adalah organ ginjal. Ketika orang mengonsumsi mkanan yang mengandung banyak racun didalamnya, maka racun – racun tersebut akan disaring melalui ginjal. Namun dalam proses penyaringan racun tersebut akan terjadi permisahan antara zat racun dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut mengakibatkan pengendapan racun yang disaring, lama kelamaan racun tersebut menumpuk dan menjadi batu yang akibatnya akan membesar jika tidak ditangani dengan benar. Banyak orang yang kurang sadar akan gejala awal yang ditimbulkan penyakit ini. Sehingga batu ginjal bertambah membesar dan dapat menyumbat saluran penyaringan zat racun, bahkan hal terburuk dapat mengakibatkan gagal ginjal. Pola makan yang tidak baik dalam kehidupan seseorang dapat mengakibatkan lebih parahnya penyakit ini.

Racun yang sebagan besar berasal dari sebuah makanan yang kita konsumsi, berikut adalah bebarapa makanan yang dapat menambah buruk penyakit batu ginjal menurut pernyataan dari boldsky.com.

Cokelat

Jika kamu beriwayat penyakit batu ginjal, cokelat adalah pantangan terbesar yang harus kamu hindari. Cokelat juga diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal. Kandungan oxalate pada makanan tersebut dapat mengendap dalam ginjal akibat nya akan membesar dan terbentuk batu ginjal.

Tomat
Tomat juga sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan. Sayuran ini memang banyak mengandung oxalate yang sama dengan makanan lain yang akan berakibat sama dengan kandungan oxalate pada makanan lain.

Makanan asin
Mengonsumsi terlalu banyak garam saja sudah tak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Ini karena garam mengandung sodium yang menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium ini akan mengikat oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung garam.

Teh
Teh memang merupakan salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun jika kamu menderita batu ginjal, sebaiknya hindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan menyebabkan berbagai macam komplikasi

Bayam
Berdasarkan Dr Deepshikha Agarwal, seorang ahli nutrisi dan diet di India, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urine.

Makanan laut
Orang yang memiliki batu ginjal sebaiknya berhati-hati saat makan makanan laut. Beberapa makanan laut banyak mengandung zat bernama purines. Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya batu asam urat.

Selain makanan tersebut di atas, yang perlu dihindari makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar, dan buah bit. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan makanan dan minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa, dan makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.