8 Faktor Pemicu Sakit Kepala Setiap Bangun Tidur Yang Mengganggu


8 FAKTOR PEMICU SAKIT KEPALA SETIAP BANGUN TIDUR YANG MENGGANGGU
Rasa pusing seringkali timbul dengan tiba-tiba. Bukan hanya karena anda menggunakan pikiran dengan ekstra karena pekerjan saja. Manun terkadang juga dikarenakan hal yang lainnya, bisa karena kodisi badan yang kurang sehata atau karena kurangnya asupan oksigen dalam tubuh ataupun pengaruh alkohol. Namun apakah anda sudah pernah mengalami kepala yang sangat pusing ketika bangun tidur? Tentunya sudah pastinya. Saat kamu baru saja bangun dari tidur nyenyakmu di pagi hari. Seharusnya kamu merasa segar dan berenergi serta badan menjadi fresh. Namun yang muncul justru sakit kepala yang menyiksa. Jika sakit kepala muncul maka hal tersebut sangat lah mengganggu aktifitas yang akan kita lakukan baik kerja maupun aktifitas dirumah.

kiranya apa saja yang menjadi pemicu penyebab hal tersebut terjadi Dilansir dari prevention.com, berikut yang menjadi pemicu utama sakit kepala dipagi hari.

Kebiasaan mendengkur saat tidur
kebiasaan mendengkur ketika tidur menyebabkan berkurangnya masuknya oksigen pada tubuh. Mendengkur yang terlalu keras bisa menjadi tanda dari sleep apnea. Kemudian kamu bisa tersedak, tersengal, dan untuk sementara bisa berhenti bernapas. Hal ini bisa mengurangi masuknya oksigen di otak dan menyebabkan pusing.

Pemakaian lampu yang terlalu terang
Penggunaan penerangan ruangan atau lampu saat tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kita. ketika kita tertidur dengan lampu yang sangat terang tentusaja kita akan bisa terganggu dengan sekelibat bayangan yang dikareakan lewatnya sesuatu yang membelakangi lampu. hal itu akan menyebabkan tidur kita terasa kurang nyenyak. Selain itu lampu yang terang akan membuat saraf mata yang terpejampun tidak sepenuhnya beristirahat. Karena kulit mata akan sedikit tertambus oleh cahaya yang ada. Tidurpun akan menjadi kurang berkualitas.

Kurang tidur
Badan manusia dewasa memerlukan istirahat untuk memulihkan fungsi nomalnya. Tubuh butuh waktu tidur 7-8 jam per hari agar berfungsi normal. Saat waktu tidurmu kurang, maka akan timbul kekacauan hormon yang kemudian membuat denyut jantung dan tekanan darah meningkat sehingga bisa menyebabkan sakit kepala. Sehingga hal yang terjadi jika kurang tidur adalah fungsi organ tubuh yang kurang normal.

Terlalu banyak tidur
jika kamu Kurang tidur bikin pusing, begitu pula jika kamu kebanyakan tidur. Saat kamu tidur lebih dari 9 jam per hari akan terjadi penurunan hormon serotonin di otak. Dan rendahnya hormon serotonin bisa mengurangi aliran darah ke otak dan kemudian memicu sakit kepala.

Rendahnya hormon endorfin dalam tubuh
Titik terendah hormon endorfin terjadi di pagi hari. Dan rendahnya tingkat endorfin kemudian mempengaruhi neurotransmitter lainnya seperti serotonin. Pembuluh darah di otak lalu menyempit dan mengurangi aliran darah ke otak yang bisa memicu sakit kepala

Hipertensi
Jika tekanan darahmu lebih dari 140/90 mm Hg, maka waspadalah dengan serangan sakit kepala yang terjadi di pagi hari. Namun efek buruk ini bisa kamu cegah dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Terlambat minum kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi adalah zat yang bisa merangsang sistem saraf. Jika kamu seorang peminum kopi yang teratur dan kemudian tiba-tiba tidak meminum kopi, perubahan ini bisa membuat sakit kepala muncul. Sebabnya penarikan kafein akan menyebabkan meluasnya pembuluh darah di otak sehingga akan muncul lebih banyak darah yang mengalir di otak dan memberikan tekanan yang lebih banyak yang berakhir dengan pusing.

Depresi
depresi atau juga disebut dengan tekanan mental juga dapat memicu sakit kepala. Sakit kepala karena depresi bisa saja terjadi. Sebab saat kamu depresi, maka kadar hormon serotonin menurun dan memicu munculnya sakit kepala.

Nah itulah berbagai hal yang menjadi peyebab pemicu terjadinya sakit kepala. Tentunya hal tersebut dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.