Penggunaan AC Setiap Hari Dapat Meningkatkan Resiko Tertular Penyakit


PENGGUNAAN AC SETIAP HARI DAPAT MENINGKATKAN RESIKO TERTULAR PENYAKIT
Pada saat ini pemanasan global sudah mulai melandi di berbagai belaha dunia. Hancurnya paru-paru dunia yag dikarenakan pembakaran hutan karena pembukaan lahan pertanian baru menjadikan musim sudah tidak menentu. Hawa panaspun sudah terbiasa menyengat kulit. Sehingga hal tersebut membuat kebannyakan orang menjadi mengandalkan AC sebagai penyejuk ruangan supaya tidak merasa panas. Akhirnya banyak orang yang ketergantugan dengan penggunaan AC.

Dalam semua aktifitas sehari-hari pun mereka selalu menggunakan AC. Dinginnya suhu ditengah hawa yang sangat panas menjadikan hal yang menyenangkan bagi mereka yang tidak tahan dengan panas. Mungkin bagi sebagian orang bagaikan menemukan oasis di tengah padang pasir. Itulah sebabnya tak jarang mereka tak pernah lepas dari AC baik di kantor, di mobil, di mall, hingga di kamar tidurmu sendiri.

Namun dibalik sejuknya pemakaian AC disetiap aktivitas sehari-hari, terdapat gangguan kesehatan yang dapat mengancam tubuh. Banhkan bagi sebagian orang gangguantersebut sangat mengganggu. Berikut dampak buruk yang diakibatkan penggunaan AC yang di lansir dari berbagai sumber.

Peradangan pada selaput mata

Sebuah peneliti menemukan bahaya AC yang dapat terjadi pada mata kita. Resiko gangguan mata seperti konjungtivis atau peradangan pada selaput bening mata akibat penguapan kelenjar mata yang dikarenakan penggunaan AC. Gangguan mata tersebut lebih beresiko terkena orang-orang yang beaktifitas dibawah suhu AC.

Nyeri sendi dan otot
Sendi yang normal tentunya akan terasa ringan dan tidak bermasalah jika di gerakkan. Kebebasan ergerakan sendi dipengaruhi dengan adanya cairan lubrikasi didalam sendi itu sendiri. Suatu penelitian menyebutkan bahwa Suhu AC yang kelewat dingin akan mempengaruhi viscositas dari joint fluids. Tingkat suhu yang ekstrim ini akan mempengaruhi cairan lubrikasi di dalam sendi-sendi jadi berkurang. Hal itulah yang akan menyebabkan persendian kita mudah sekali terasa nyeri.

Membuat kulit kering

kulit akan terasa kering seperti kita berada di bawah terik matahari padahal kita dalam keadaan yang sejuk. Sifat Ac yang menghisap suhu dan uap air akan mempengaruhi kelembapan pada kulit seseorang yang menggunakan AC. Selain uap air yang terhisap kelembapan kulit pun juga akan terhisap bersamanya. Akibatnya kulit jadi mudah kering hingga keriput.

Flu dan pilek
Penelitian yang dilakukan oleh ahli bedah THT yang melakukan pendinginan melalui proses penguapan sehingga akan mengeringkan selaput lendir di hidung juga mulut seseorang. Kita tahu bahwa sinus, hidung, dan ternggorokan sangat bergantung pada kelembapan udara yang membuat sistem imun bekerja. Ketika didalam ruangan yang ber AC ternyata lender dalam hidung da mulut seseorag akan berkurang sehingga kita akan mudah terserang flu da pilek.

Mudah tertular penyakit
Minimnya sirkulasi udara di dalam ruangan ber AC dapat menyebabkan potenis penularan virus, bakteri, dan kuman lebih besar terjadi antar satu orang dengan orang lainnya yang sama-sama berada di ruangan tersebut. Oleh karena itu, jika dalam satu ruangan ber-AC dengan orang yang sedang sakit menular, maka akan berpotensi untuk terkena penyakit menular.

Memperparah penyakit
Kamu yang menderita penyakit artritis, tekanan darah rendah, atau gangguan tertentu harap berhati-hati dengan AC. Sebab AC bisa memperburuk penyakit yang kamu derita. Hawa dingin yang dihasilkan AC juga dapat menjadi pemicu turunnya tekanan darah dan system kekebalan dlam tubuh.

Menyebabkan mudah lelah
Sebagian orang akan mengalami kaki gemetar atau menggigil saat AC terlalu dingin. Kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan. Atau bisa jadi seseorang tersebut alergi dengan hawa dingin. Jika haltersebut ditahan maka badan kamu akan menjadi cepat lelah.

Gangguan kehamilan
Banyak pakar kesehatan yang berpendapat bahwa seorang ibu hamil yang terlalu lama berada di ruangan ber-AC maka akan mengalami gangguan kehamilan. Hal itu disebabkan oleh adanya senyawa phthalates yang di berdampak pada kondisi janin yang berpotensi lahir cacat.

Melemahkan sistem kekebalan tubuh
system imunitas dalam tubuh yang berfungsi menjaga kesehatan bisa menurun akibat penggunaan AC. Dinginnya AC ternyata diam-diam bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya kamu jadi mudah sakit.

bagi orang yang dalam kesehariannya bergantung pada AC bagaimana supaya terhindar dari berbagai kesehatan tersebut. sebaiknya mereka mengonsumsi banyak makanan bervitamin dan banyak minum air putih supaya tidak terjadi dehidrasi. Kurangi penggunaan AC dirumah jika kita sudah seharian kerja di ruangan ber AC. Semoga pemaparan tersebut bermanfaat bagi anda.