Akibat Buruk Cara Minum Teh yang Salah, Kamu harus Tahu!


AKIBAT BURUK CARA MINUM TEH YANG SALAH, KAMU HARUS TAHU!
Teh merupakan salah satu jenis minuman yang sangat familiar dikalangan masyarakat. Minum teh memang dapat menenangkan fikiran bagi siapa yang meminumnya. Minum teh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi akan berdampak buruk bagi kesehatan bila salah cara konsumsinya.

Kebanyakan orang Asia memang tidak bisa lepas dari kebiasaan untuk minum teh. Sesekali mengonsumsi teh tidak akan menjadi masalah, tetapi bisa menjadi berbahaya ketika kita mengonsumsinya dengan pola yang salah.

Maka karena hal tersebut jika anda hobi minum teh sebaiknya anda berhati-hati supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.kamu sebaiknya harus mengetahui saat-saat yang tepat untuk minum teh.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari ketika kamu ingin mengonsumsi teh. 

Minum teh setelah makan
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dari Bagian Kesehatan Ibu dan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menyatakan bahwa mengonsumsi teh sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap terhadap zat besi sebanyak 64%.

Pengurangan daya serap tubuh terhadap zat besi itu dikarenakan adanya zat tanin dalam teh. Tanin berperan memengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang termasuk dalam kategori hemenon-iron, misalnya padi-padian, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Jika anda sering melakukan hal tersebut kemungkinan apa yang kamu konsumsi akan sia-sia. Sebab pada akhirnya nutrisi yang ada pada makanan yang kamu konsumsi tidak dapat terserap pada tubuh. 

Minum teh terlalu sering
Jika kamu mengonsumsi teh hingga 5 cangkir dalam sehari, maka proses reabsorpsi akan lebih banyak mengikat kalsium yang sejatinya masih dibutuhkan tubuh. Artinya terlalu banyak meminum teh akan membuat kalsium yang diserap ikut terbuang melalui urin. Padahal kita tahu bahwa kalsium menjadi nutrisi utama untuk memperkuat tulang dan persendian kita.

Dengan demikian minum teh terlalu sering ternyata sangat membahayakan tubuh. Jika jenis kalsium kebutuhan tulang pada tubuh kta terbuang. Maka asupan kalsiun untuk kekuatan tunganpun akan mengalami kekurangan.

Akibatnya tulang tubuh seseorang akan mengalami pengeroposan, sebab lama kelamaan tulang menjadi kekurangan akan kalsium. 

Minum teh pada saat perut kosong
Bagi anda yang memiliki kebiasaan minum teh dipagi hari, ternyata kebiasaan itu kurag baik. Apalagi biasanya orang yang suka minum teh seringkali mereka langsung meminumnya. Jika kamu memiliki kebiasaan tersebut maka sebaiknya kamu merubah kebiasaan tersebut.

Kandungan kafein yang terdapat di dalam teh akan membuat perut kosong menjadi tidak nyaman, terutama bagi Anda yang tidak kuat dengan kafein. Ada baiknya jika Anda makan roti atau biskuit terlebih dahulu sebelum meminum teh. 

Minum teh ketika dehidrasi
Minum teh dingin akan sangat pas diminum saat Anda merasa dehidrasi karena akan terasa sangat menyegarkan tenggorokan. Namun, tahukah Anda bahwa teh justru akan membuat Anda semakin merasa dehidrasi setelahnya? Hal itu dikarenakan oleh sifat diuretik pada daun teh yang sudah dikeringkan yang justru akan menyebabkan dehidrasi.

Selain itu minuman dingin yang kita minum tidak akan membuat hiang rasa haus kita. Hal tersebut akan menjadikan seolah-olah rasa haus kita hilang. Namun pada kenyataanya rasa haus tersebut tetap terasa dan mungkin rasa haus tersebut aka menjadi parah.

Memang kebiasaan minum teh bukan menjadi sesuatu kebiasaan yang buruk asalkan mengetahui bagaimana cara dan waktunya untuk minum teh. Setelah mengetahui hal-hal tersebut harusnya kamu merubah kebiasaan yang sering kamu lakukan. Jangan sampai kebasaan yang seharusnya membawa kebaikan malah akan menjadikan suatu masalah baru.