6 Manfaat Kesehatan Dibalik Kebiasaan Mengonsumsi Kopi Setiap Hari


6 MANFAAT KESEHATAN DIBALIK KEBIASAAN MINUM KOPI SETIAP HAR
Berbicara soal kopi pasti sudah terbesit sebuah minuman berwarna hitam dan berasa pahit. Kopi sering dijadikan sebagai pembuka dalam mengawali aktivitas panjang seharian sebagian besar orang. Mereka yang suka minum kopi beralasan, bahwa minum kopi dipagi hari dapat membuat pikiran lebih fresh dan meningkatkan suasana hati, yang hal ini sangat baik untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Kopi juga diyakini masyarakat dapat mengurangi rasa kantuk, dimana ini karena kandungan kafeinnya. Minuman ini digemari baik oleh pria maupun wanita. Sebaliknya, ada juga orang-orang yang menilai bahwa kopi adalah minuman tidak sehat karena kandungan kafeinnya yang kurang baik bagi kesehatan.

Hal ini ada benarnya jika seseorang mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan. Intinya, kopi tidak menimbulkan masalah jika konsumsinya dibatasi. Jika kopi dikonsumsi dengan benar tidak terlampau banyak, maka ternyata kopi mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya.

Manfaat – manfaat dari mengkonsumsi kopi adalah sebagai berikut:

1. Meningkatan Memori Otak

Memori otak seseorang ternyata dapat di tingkatkan melalui perangsangan dengan cara minum kopi. Dari laman resmi RSNA.org. Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005, dipublikasian di Radiological Society of North America. Penelitian yang dilakukan tersebut menunjukan bahwa minum kopi memiliki keterkaitan dengan peningkatan memori otak.

Dimana peneliti menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir kopi berkafein dalam sehari mengalami peningkatan memori jangka pendek. Peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi 100 miligram kafein (sekitar dua cangkir kopi) mampu memberikan peningkatan aktivitas di daerah otak yang berhubungan dengan fungsi memori dan perhatian atau kemampuan fokus.

Florian Koppelstätter, M.D., Ph.D, seorang radiolog dari Medical University Innsbruck di Austria, mengungkapkan bahwa kandungan kafein bekerja untuk membantu peningkatan kemampuan fungsi otak yang lebih tinggi.

2. Mencegah dan Mengatasi Depresi
salah satu Penelitian menunjukan bahwa adanya keterkaitan antara kopi dengan turunnya resiko depresi pada seseorang. Yang paling rentan mengalami depresi adalah kaum wanita, kandungan di dalam kopi mampu berfungsi untuk melawan depresi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum kopi mampu mengurangi resiko terkena depresi sebesar 10 persen, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi sama sekali. Hal itu dikarenakan orang yang minum kopi cenderung dapat mengontrol emosinya. Kopi mampu mengobati depresi serta menjadikan orang yang mengonsumsinya lebih ceria.

3. Meningkatkan Kinerja dan Performa
Bagi beberapa orang yang memiliki kebutuhan akan fisik yang kuat mungkin ini salah satu kenapa harus minum kopi. Beberapa studi telah menemukan bahwa manfaat kopi mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa kandungan kafein berguna bagi para atlet. Mengonsumsi kafein bagi para atlet dapat meningkatkan ketahanan tubuhnya. Demikian juga, jika Anda ingin membuat tubuh kuat dan mampu bekerja secara maksimal maka konsumsi kafein. Hal ini berguna, terutama bagi Anda yang bekerja di pabrik yang membutuhkan fisik dan peforma prima.

Dalam dunia kedokteran, zat kafein umumnya dipakai untuk memberikan rangsangan pada organ jantung dan merangsang produksi urin agar meningkat. Penggunaan zat kafein dalam dosis rendah mampu memberikan efek peningkatan stamina dan membantu menurunkan rasa sakit.

4. Mencegah Penyakit Parkinson
Penyakit parkinson sebagian besar di derita oleh atlet – atlet sebangsa tinju . hal itu dikarenakan adanya kerusakan saraf akibat pkulan benda keras. Penyakit Parkinson merupakan sebuah penyakit yang membuat penderitanya mengalami penurunan kemampuan saraf. Seorang petinju terkenal yang bernama Muhammad Ali mengalami penyakit ini. Munculnya penyakit parkinson karena kondisi matinya saraf penghasil dopamin di organ otak. Para ilmuwan belum menemukan obat untuk menyembuhkan Parkinson.
Beberapa penelitian menemukan kesimpulan bahwa peminum kopi memiliki resiko Parkinson yang lebih rendah, bakan mengalami penurunan resiko hingga 50%.

5. Menurunkan Risiko Alzheimer

Manfaat mengonsumsi kopi bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus, peforma kerja juga meningkat. Pengonsumsi kopi biasanya akan lebih focus dan memiliki perbedaan ketika dihadapi masalah, mereka lebih focus dibandingkan dengan mereka yang kurang terhadap kopi.

6. Kopi Menurunkan Resiko Kanker
risiko terjangkit kanker hati, kanker endometrium, kanker payudara dan kanker prostat dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi. Pada sebuah study tahun 2008 di Swedia, hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan minum dua-tiga cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah studi dari pihak Harvard School of Public Health, menemukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Manfaat ini bisa diperoleh dari kopi yang berkafein maupun kopi yang tidak mengandung kafein. Pada beberapa studi yang dilakukan para ilmuwan telah menemukan bahwa orang-orang (terutama wanita) yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer dan demensia. Penurunan resiko bahkan bisa sampai 60 persen.

Bagi kamu yang kurang suka dengan minuman warna hitam dan pahit ini hendaknya jangan dipaksakan mengkonsumsinya. Konsumsi lah kopi dengan takaran yang pas dan sesuai dengan porsi yang sudah disarankan.