5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berolahraga Dipagi Hari




5 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS BEROLAHRAGA DIPAGI HARI


Bagi seseorang yang sayang akan kesehatannya, maka mereka akan melakukan apa saja demi menjaga kesehatan tubuhnya. Mereka akan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, istirahat yang cukup demi menjaga kesehatan. Mereka akan memilih olahraga yang cocok dan nyaman untuk mereka lakukan. Namun bagi seseorang yang sibuk, mereka aka bingung mencari waktu yang cocok untuk berolahraga. Apakah di pagi hari atau malam hari setelah bekerja?

Sebuah penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, memaparkan ada beberapa alasan ilmiah yang menyarankan kamu untuk lebih sering berolahraga di pagi hari daripada malam hari. Ini penjelasannya.

Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
Berolahraga di pagi hari akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hasilnya, pembakaran kalori lebih banyak serta mengintensifkan latihan yang dilakukan. Jika kamu berolahraga di pagi hari kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Sebab dengan gerakan ringanpun bisa lebih intensif dalam pembakaran lemak.

Meningkatkan hormon bahagia
Tingkat hormon testosteron berada pada level maksimum saat di pagi hari. Hal ini tak hanya membuat latihan jadi begitu intens, namun juga membantu membangun massa otot lebih cepat, membakar kalori lebih banyak, dan berdampak pada cepat turunnya berat badan.

Membuat suasana hati meningkat
Olahraga akan melepaskan hormon endorfin atau hormon yang akan membuatmu bahagia sepanjang waktu. Semakin banyak atau intens kamu berolahraga, maka semakin banyak pula hormon endorfin yang dikeluarkan. Hasilnya, suasana hati yang senang dan tenang pun meningkat.

Membuat tidur lebih nyenyak
Meskipun olahraga dilakukan di pagi hari, namun efeknya masih terasa hingga di malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga di pagi hari akan cenderung untuk tidur dengan nyenyaknya di malam hari. Dan tidur nyenyak ini akan memberikan manfaat positif untuk program penurunan berat badan. Sebab, saat kamu kurang tidur maka hormon tertentu yang berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan akan kacau dan keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat jadi meningkat. Akibatnya, berat badan pun bertambah.

Meningkatkan performa
Kamu ingin lebih produktif di kantor? Cobalah untuk menyempatkan sedikit waktu untuk berolahraga di pagi hari. Sebabnya olahraga akan meningkatkan intensitas tubuh jadi lebih tinggi dan terbawa hingga di tempat kerja.

Itulah alasannya kenapa kamu disarankan untuk rajin olahraga di pagi hari. Jadi, jangan malas untuk olahraga. Semoga bermanfaat.