Bahaya! Overdosis Air Putih Bisa Terjadi Pada Orang-Orang Berikut


BAHAYA! OVERDOSIS AIR PUTIH BISA TERJADI PADA ORANG-ORANG BERIKUT
Zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan sebuah tenaga yaitu air. Sebagian besar komponen tubuh didominasi oleh air. Oleh sebab itu air sangat penting bagi tubuh kita. Jika seseorang kekurangan asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh tentunya akan sangat mempengaruhi system kerja organ tubuh. Bahkan masa otot yang merupakan bagian tubuh terbesar terdiri dari air.

Tubuh yang kekurangan asupan air maka akan mengakibatkan mulut kering hal itu dikarenakan asupan air yang berfungsi melumasi selaput lendir mulut berkurang. Selain hal tersebut juga dapat menjadikan tubuh menjadi lemas.

Bagi seorang yang mempunyai masa otot yang baik, sangat berbahaya jika kekurangan banyak asupan air putih. Masa otot akan berkurang dan badanpun bisa menjadi lemas.

Mengingat banyak sekali manfaat yang terkandung dalam air putih seseorang akan berusaha memenuhi asupan air pada tubuh minimal delapan gelas sehari. Memang air putih merupakan asupan penting bagi tubuh. Namun apa jadinya jika kamu mengonsumsi air putih terlalu banyak? Pertanyaanya baikkah itu semua bagi tubuh anda?.

Ternyata mengonsumsi air dalam jumlah besar bisa mengakibatkan overdosis. Memang sangat aneh jika mendengar air putih dapat mengakibatkan overdosis. Namun hal tersebut memang benar adanya. Overdosis air adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan kadar natrium di dalam tubuh menurun drastis (hiponatremia).

Kondisi hiponatremia yang ringan biasanya belum menimbulkan gejala. Namun pada kondisi yang parah, hal ini dapat menyebabkan penderita tampak bingung, mual, muntah, kejang, hingga kematian.

Suatu hal yang perlu anda ketahui, natrium adalah komponen yang berperan penting menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kurangnya natrium dapat membuat cairan yang ada di tubuh tertarik ke dalam sel, misalnya sel otak. Sehingga seseorang yang kekurangan natrium dapat membahayakan bagi tubuhnya.

Terus siapa saja yang berpotensi mengalami overdosis air putih?. Dari berbagai latar belakang aktivitas yang dimiliki oleh berbagai masyarakat ternyata para atlet lah yang sangat berisiko terkena overdosis air putih. Namun bukan berarti semua atlet berpotensi terkena overdosis, mereka yang tergabung dalam jenis olahraga ekstrem dan jangka panjanglah yang lebih berisiko. Contohnya adalah pelari marathon dengan jarak yang sangat panjang mencapai puluhan kilometer. Hal tersebut akan mengakibatkan tubuh menjadi sangat haus dan dehidrasi sehingga pada saat itu mereka merasa ingin minum secara terus menerus.

Bagi masyarakat umum yang memiliki gangguan psikologis tertentu, seperti halnya keinginan untuk selalu minum air putih yang tidak terkontrol juga bisa mengakibatkan overdosis.

Segera minum saat merasa haus merupakan cara mencegah dehidrasi dan overdosis air pada tubuh anda. Ini karena haus merupakan sinyal yang menandakan bahwa tubuh sudah mulai kekurangan cairan.

Tetap kontrol seberapa banyak kamu minum jangan sampai terlampau banyak. Jika sudah hilang rasa haus berarti sudah cukup asupan air yang diperluan oleh tubuh. Pahami kebutuhan nutrisi harian yang harus Anda penuhi. Jangan sampai sesuatu yang seharusnya menyehatkan justru mendatangkan malapetaka bagi diri sendiri, dalam kasus ini overdosis air putih.

Kesimpulannya seseuatu yang baik bagi tubuh pada umumnya belum tentu baik jika dikonsumsi dalam sekala yang tidak wajar. Semoga pejelasan tersebut dapat beranfaat bagi anda. Terimakasih semoga bermanfaat.